Tuesday, 19 September 2017

Pengertian metode penelitian kuantitatif dan kualitatif

Pengertian metode penelitian kuantitatif dan kualitatif

Pengertian metode penelitian kuantitatif dan kualitatif

Metode kuantitatif dinamakan metode tradisional, karena metode ini sudah cukup lama digunakan sehingga sudah mentradisi sebagai metode untuk penelitian. Metode ini disebut sebagai metode positivistik karena berlandasakan pada filsapat positivisme. Metode ini sebagai metode ilmiah/scienticfic karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu konkrit/empiris, objektif, terukur, dan sistematis. Metode ini juga disebut metode discovery, karena dengan metode ini dapat ditemukan dan dikembangkan berbagai iptek baru. Metode ini diaebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik.

Metode penelitian kualitatif dinamakan sebagai metode baru, karena popularitasnya belum lama,dinamakan metode postpositivistik karena berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Metode ini disebut sebagai metode artistik, karena proses penelitian lebih bersifat seni (kurang terpola), dan disebut sebagai metode interpretive karena data hasil penelitian lebih berkenan dengan interprestasi terhadap data yang ditemukan di lapangan.
Filsafat positivisme memandang realitas/gejala/fenomena itu dapat diklasifikasikan, relatif tetap, konkrit, teramati, terukur dan hubungan gejala bersifat sebab akibat. Penelitian pada umumnya dilakaukan pada populasi atau sampel tertentu yang representatif. Proses penelitian bersifat dedukatif, dimana untuk menjawab rumusan masalah digunakan konsep atau teori sehiingga dapat dirumuskan hipotesis. Hipotesis tersebut sehingga diuji melalui pengumpulan data lapangan. Untuk mengumpulkan data di gunakan instrumen penelitian. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskripsi atau infetensial sehingga dapat disimpilkan hipotesis yang dirumuskan terbukti atau tidak. Penelitian pada umumnya dilakukan pada sampel yang diambil secara random, sehingga kesimpulan hasil penelitian  dapat digeneralisasikan pada populasi dimana sampel tersebut diambil.

Metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakuakan pada kondisi yang alamiah (natural setting) ; disebut sebagai metode  etnograpi, karena pada awalnya metode ini lebih banyak di gunakan untuk penelitian bidang antropologi budaya; disebut sebagi metode kualitatif, karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih bersifat kualitatif.


Sumber : dari buku metode penelitian Prof. dr. sugiyono











Monday, 4 September 2017

pengalaman awal mula ngeblog artikel nangkring di posisi atas

pengalaman awal mula ngeblog

pengalaman awal mula ngeblog artikel nangkring di posisi atas,rasanya saya seneng sekali, gak tau itu bener apa tidaknya, mudah mudahan bener heheee
biasanya saya kalu update artikel di tes cari kata kuncinya jarang ada postingan saya kalu ada juga di halaman 8 atau 10

bisa kebayangkan artikel ada di halaman 8 atau 10 pasti sedih dan pasti gak ada yang mengunjungi, ahirnya trafik blog sepi seperti kuburan hehehe

ahirnya saya ada inisiatif untuk ngeblog tentang pengalaman pribadi,gak di sangka sangka trafik blog saya ada pengujungnya,walupun gak banyak hehee

gak tau apa bener apa tidak ya artikel saya ada di posisi atas,ya intinya saya senang, saya gak pake trik ini trik itu apalagi tentang seo, saya gak ngerti.

semenjak saya bikin artikel tentang pengalaman pribadi saya, numayan trafik blogger saya ada pengunjung nya perhari ada lah 20 mah heheh

bagi yang membaca artikel saya ini, coba kalian bikin artikel tentang pengalaman pribadi. saya yakin blog kalin pasti banyak pengunjung nya walupun gak banyak, tapi numayan lah, dari pada bikin artikel tentang tutorial,tentang ini tentang itu, udah banyak yang bikin, mending bikin artikel pengalaman pribadi jarang ada yang bikin ada juga paling sedikit hehehe

sebelumnya maaf kalau artikel saya penuangan kata katanya gak rancu atau gak enak di baca, saya mohohon maaf.

kalu ada yang ingin di tanyakn silahkan berkomentar.. saya respon dengan cepat




Friday, 1 September 2017

video yang saya ini ternyata banyak yang nonton


video yang saya ini ternyata banyak yang nonton

video yang saya ini ternyata banyak yang nonton hehee
gak nyangka video yang saya upload ke youtube ternyata banyak yang nonton, tapi aneh kenpa video yang lain gak terlalu banyak yang nonton,mungkin video yang lain yang saya upload gak menarik kali ya. 
Youtube sekarang peraturan nya sangat ketat, beda sama tahun kemarin, kalau tahun kemarin mah kita upload 2 video, langsung di daftarin langsung keterima punya akun adsense hosted,dan video bisa di monetisasi dan bisa menghasilkan uang. Beda sama sekarang video itu harus di tonton 10 ribu penonton, baru bisa di monetisasi dan bisa menghasilkan uang,jadi gak sabar nih saya pengen ngerasain gajiahan dari youtube. 
sebelumnya terima kasih yang udah nonton video saya yang judulnya: cara memunculkan sinyal di redmi2 frem
video itu banyak yang nonton,saya baru tau pas saya buka akun youtube lagi, soalnya saya jarang buka akun youtube yang chanel nya Bang ecul, setelah di buka ada 1 video yang laku hehehe,  segitu juga makasih ya yang nonton video saya,saya ucapkan terimakasih yang sebanyak banyak nya.
Bagi yang baca artikel saya ini, ada yang sama seperti saya main youtube, kita saling subcraiber gimana, cantumin aja di kolom komentar entar saya subcraiber balik
sekian pengalaman pribadi saya tentang upload video ke youtube yang banyak di tonton hanya satu video saja. makasih






Wednesday, 30 August 2017

Pengalaman awal mula pecandu Roko yang sulit berhenti



Pengalaman awal mula pecandu Roko yang sulit berhenti
saya mulai meroko waktu saya smp awalnya cuman iseng-iseng doang dan pengen terlihat gaya, saya yakin yang lain juga pernah ngerasain sama seperti saya.
Waktu saya meroko ada yang bilang orang dewasa kepada saya, dek udah meroko, saya jawab emang kenapa, kata orang dewasa  itu meroko gak baik untuk kesehatan, kata saya dalam hati ahh saya gak peduli gak sehat juga yang penting saya terlihat gaya waktu pemikiran saya  masih bocah waktu smp.
Orang dewasa bertanya itu bertanya lagi, dek mending cepat berhenti meroko nya takut adek kecanduan seperti saya ini.
Saya tanya magsud dari kecanduan nya gimana, kata orang dewasa itu nanti adek akan suka ngeroko terus sampe dewasa dan sampe tua nanti, kata orang dewasa juga saya menyesal karna saya suka banget meroko saya ini udah kecanduan dek.
Tanpa pikir panjang saya ini, gak dipeduliin kata orang dewasa itu.
Tiga tahu kedepan ternyata kebuktian juga saya jadi pecandu roko, saya susah banget untuk berhenti meroko.Saya sehari menghabiskan roko 1 bungkus sehari, saya ada keinginan untuk berhenti meroko.
saya tanya kepada teman saya yang dulu nya perokok sekarang udah mulai berhenti
langsung aja saya tanya kepada teman saya, kamu udah berhenti meroko, kata teman saya alhamdulilah saya udah gak ngeroko lagi, saya tanya gimana cara berhentinya.
kata temen saya coba kamu beli premen, saya berpikir dalam hati magsudnya apa saya di suruh beli premen gitu, lalu saya mengikuti saran teman saya, saya langsung ke warung untuk beli premen.saya langsung pergi ketemen saya nih saya udah beli premen nya.
Saya tanya keteman saya buat apa ini premen, tiba tiba temen saya ngambil roko saya semuanya, beberapa menit kemudian saya pengen meroko,saya bilang ketemen kembalikan roko saya saya pengen banget meroko.
Kata temen saya coba kamu tahan untuk tidak meroko dulu,saya gak bisa nahan bawaanya pengen ngeroko, kalu gak ngerko saya suka sebel di lidah nya pengen ngeludah terus, kata temen saya coba makan premen yang tadi saya suruh ke kamu untuk beli,langsung saya makan premennya, gimana udah merasa sebel gak di lidahnya, kata saya numayan udah gak kerasa sebel lagi di lidahnya.
Temen saya pun menjelasakan, saya berhenti meroko, karana makan premen, terus, kalu saya ingin meroko saya larinya makan peremen terus biar gak sebel di lidahnya, sampe sekrang saya sudah mulai berhenti meroko.
kata saya ohh, ternyata kamu berhenti meroko pake premen.kata temen saya coba kamu kalau pengen ngeroko di alihkan ke premen, makan premen.
kata saya baik saya akan mengikuti saran kamu, mudah mudahan saya bisa berhenti seperti kamu, kata temen saya amin, mudah mudahan kamu berhenti merokonya, soalnya meroko itu gak baik untuk kesehatan dan gak baik, ngeroko itu sama halnya membakar uang, gak ada manfaatnya.
saya berpikir dalam hati, oh iya ya roko sama halnya membakar uang dan gak bermanfaat sama sekli.

langsung aja saya mengikuti saran temen saya, beberapa hari emang terbuki udah mulai berkuraang ngerokonya,tapi dikemudian hari saya merasa bosan makan premen terus, setiap pengen ngeroko lagi.
Saya mulai susah untuk berhenti merokonya, karna lingkungan saya tempat kumpul ma teman teman saya mereka peroko semu,jadi susah untuk untuk mulai berhentinya, saran saya kepada pembaca artikel saya jangan pernah untuk mencoba meroko, walupun hanya sekali, atau dua kali, entar kalian gak menyadari tiba tiba kamu mulai ngerasa kecanduan sama roko, kalau udah kecanduan susah untuk di berhentiin nya,saya juga ini lagi proses untuk berhenti meroko.

kesimpulanya jangan pernah mau coba untuk meroko,atau gaya gayaan, kalu udah kecanduan susah untuk di berhentiin nya.































Sunday, 27 August 2017

Fahrenheit ahli fisika jerman penemu termometer alkohol

Fahrenheit (1686 - 1736)
Fahrenheit (1686 - 1736)

Fahrenheit (1686 - 1736) adalah ahli fisika Jerman, penemu termometer alkohol (1709) dan termometer air raksa (1714) dengan skala Fahreheit. Ia juga menemukan bahwa air dapat tetap cair di bawah titik beku dan bahwa titik didih zat cair berubah menurut tekanan atmosfer. Ia lahir di Danzig, sekarang Gdansk, Polandia, pada tanggal 14 Mei 1686 dan meninggal di Den Haag, Belanda, pada tanggal 16 September 1736 pada umur 50 tahun. Sejak kecil ia pindah ke Amsterdam. Di sana ia belajar fisika, ilmu dagang, dan cara membuat peralatan. Pada umur 31 tahun ia mencari nafkah dengan cara membuat alat-alat meteorologi.

Pada tahun 1708 pada umur 22 tahun, Fahrenheit bertemu dengan Ole Romer, ahli astronomi Denmark. Ole Romer meninggal pada tahun 1710. Beberapa tahun sebelum meninggal Ole Romer membuat termometer dengan skala sebagai berikut: 60 derajat untuk titik didih air, 8 derajat untuk titik leleh es, dan 22,5 derajat untuk panas darah atau suhu tubuh manusia. Untuk mengamati cuaca, Ole Romer jarang menggunakan bagian atas skalanya. Fahrenheit tahu kelemahan skala Ole Romer.

Tahun berikutnya (1709) Fahrenheit membuat termometer yang diisi dengan alkohol. Ia segera tahu bahwa alkohol kurang baik untuk dijadikan alat ukur suhu karena alkohol mendidih pada suhu rendah. Kecuali itu, jika alkohol dicampur dengan air, volumenya berubah sesuai dengan perubahan suhu. Maka ia lalu mencoba menggunakan zat cair lain. Ia mengadakan berpuluh-puluh percobaan selama 5 tahun. Pada tahun 1714 ia berhasil membuat termometer yang diisi merkuri atau air raksa. Ia memperbaiki skala Ole Romer.

Sepuluh tahun kemudian (1724) Fahrenheit melaporkan penemuannya kepada Royal Society, Lembaga Ilmu Pengetahuan Inggris. Termometer Fahrenheit menggunakan skala sebagai berikut: 32 derajat untuk titik beku, 96 derajat untuk suhu tubuh manusia, 212 derajat untuk titik didih. Karena penemuannya itu Fahrenheit diangkat jadi anggota Royal Society. Enam belas tahun kemudian skala Fahrenheit jadi sangat popular dan mengungguli skala yang lain, karena pada zaman itu terdapat 35 macam skala. Termometer Fahrenheit dipakai di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Australia, dan Selandia Baru.

Sumber: Kamus Penemu (A. Haryono)

Coulomb ahli fisika prancis penemu neraca punter

Charles De Coulomb (1736 - 1806)
Charles De Coulomb (1736 - 1806)

Coulomb (1736 - 1806) adalah ahli fisika Prancis, penemu hukum coulomb (1785), penemu neraca punter (torsi, 1777), insinyur militer, inspektur jendral pendidikan, dan pengarang. Ia lahir di Augouleme, Prancis, pada tanggal 14 Juni 1736 dan meninggal di Paris pada tanggal 23 Agustus 1806 pada umur 70 tahun. Ia sangat masyhur karena dapat mengukur gaya listrik dan gaya magnetik dengan teliti. Untuk menghormatinya namanya diabadikan sebagai satuan muatan listrik, ialah coulomb (disingkat C). Satu Coulomb = banyaknya muatan listrik yang mengalir lewat suatu penghantar selama satu detik, bila besar arus satu ampere.

Hukum Coulomb berbunyi sebagai berikut: "gaya tarik atau gaya tolak dua benda yang bermuatan listrik berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya dan berbanding lurus dengan besar masing-masing muatan". Untuk mengukur gaya listrik, Coulomb mempergunakan neraca puntir atau neraca torsi yang sangat peka.

Coloumb berasal dari keluarga bangsawan. Ia bersekolah di Institut Teknologi di Mezieres, sebuah perguruan tinggi teknologi pertama di dunia. Di situ ia mendapat pengetahuan murni dan terapan. Sesudah berhasil mengondol gelar insinyur, Coulomb masuk Korp insinyur kerajaan. Pada umur 28 tahun (1764) ia dikirim ke India Barat. Ia bertugas mengawasi pembangunan benteng di Martinique. Ia bekerja di sana selama 10 tahun. Kesehatannya makin lama makin buruk. Maka pada tahun 1776 ia kembali ke Paris dan menghabiskan waktunya untuk mengadakan riset ilmiah. Tahun berikutnya (1777) ia menemukan neraca puntir. Napoleon Bonaparte mengangkatnya jadi inspektur jendral pendidikan.

Pada tahun 1779 ia mempelajari dan menganalisis gaya gesek pada bagian-bagian mesin yang berputar. Dengan demikian Coulomb adalah orang pertama di dunia yang mengemukakan teori pelumasan. Pada tahun itu juga ia menemukan cara untuk bekerja di bawah air. Dengan begitu ia merintis pembuatan alat kerja di bawah permukaan air yang disebut caisson. Coulomb juga mengadakan riset mengenai kincir angin, dan mengenai elastisitas logam dan serabut sutera.

Sumber: Kamus Penemu (A. Haryono)

Saturday, 26 August 2017

Becquerel disebut bapak fisika nuklir dan bapak fisika atom modern

Antoine Henri Becquerel
Becquerel (1852 - 1908)

Antoine Henri Becquerel (1852-1908) adalah ahli fisika terkemuka, warga negara Prancis, guru besar, doktor, presiden dan sekretaris Academie des Sciences, dan pengarang. Pada tahun 1896 ia menemukan radioaktivitas. Kemudian Pierre Curie dan Marie Curie mempelajari radioaktivitas lebih lanjut. Pada tahun 1903 Becquerel, Pierre Curie, dan Marie Curie mendapatkan hadiah nobel untuk fisika. Karena menemukan radioaktivitas, Becquerel disebut bapak fisika nuklir dan bapak fisika atom modern.

Becquerel lahir pada tanggal 15 Desember 1852 di Paris dan meninggal pada tanggal 25 Agustus 1908 di Le Croisic pada umur 56 tahun. Ayahnya ahli fisika. Demikian pula kakeknya. Nama ayahnya Alexandre Edmond Becquerel. Nama kakeknya Antoine Cesar Becquerel. Baik ayah maupun kakeknya adalah ahli fisika terkenal di Prancis. Tapi Becquerel terkenal di seluruh dunia. Pada umur 20 tahun ia kuliah di Ecole Polytechnique. Tiga tahun kemudian ia diangkat jadi dosen pada perguruan tinggi tersebut. Pada umur 26 tahun ia jadi guru besar di Musee d'Histoire Naturelle, menggantikan ayah dan kakeknya. Pada umur 36 tahun ia mendapatkan gelar doktor untuk sains. Tahun berikutnya ia diterima sebagai anggota Academie des Sciences (Lembaga Ilmu Pengetahuan Prancis). Pada umur 43 tahun (1895) ia diangkat jadi guru besar fisika di Ecole Polytechnique.

Roentgen menemukan sinar-X pada tahun itu juga. Penemuan ini sangat menarik perhatian Becquerel. Sinar-X berasal dari tempat yang berpendar di dalam tabung sinar katoda. Becquerel lalu berfikir apakah tidak ada benda lain yang juga dapat memancarkan sinar yang kuat daya tembusnya. Ia segera membuat eksperimen. Ia membungkus film foto dengan kertas hitam supaya tidak terkena sinar matahari. Kemudian ia menaruh sebuah Kristal di atas kertas hitam. Bila kena sinar matahari Kristal akan mengeluarkan sinar. Bila kuat daya tembusnya, sinar itu akan menembus kertas hitam dan mempengaruhi film. Bila dicuci film itu akan tampak seperti berkabut dan menggambarkan Kristal tersebut.

Pada suatu hari tidak ada sinar matahari karena cuaca mendung. Becquerel secara kebetulan menaruh Kristal yang mengandung bijih uranium di atas kertas hitam. Di bawah kertas hitam ada film. Benda itu ia simpan di laci. Beberapa waktu kemudian, ia mengambil film dari laci dan mencucinya. Apa yang ia lihat? Pada film tertera jelas gambar Kristal. Apakah artinya itu? Itu berarti bahwa bijih uranium memancarkan sinar yang kuat daya tembusnya. Becquerel menceritakan gejala ini kepada Marie Curie. Marie Curie menamakan gejala itu Radioaktivitas dan sinar yang berasal dari bijih uranium itu, ia namakan sinar- Becquerel. Beberapa tahun kemudian para ilmuwan tahu bahwa radioaktivitas terdiri dari sinar alfa, beta, dan gamma.

Sumber: Kamus Penemu (A. Haryono)